welcome to my home

I want all of you to feel just like home whenever you enter my page, so enjoy your 'feels like home' in here and free to drop comments

Bergosip itu menyehatkan mental

Apr 3, 2005

Bergosip dikatakan sebagai salah satu cara mempertahankan status dan hubungan pertemanan.
Dengan bergosip kita mngenal siapa diri kita dalam lingkungan sosial. Jika objek gosip adalah seseorang dengan status sosial yg lebih tinggi dari kita, biasanya, kita akan lebih tertarik mendengarkan hal2 yg negatis soal dia. Bener, tokh?!
Kenapa? Karena info yg negatif mengenai orang itu dapat kita manfaatkan untuk meningkatkan status sosial kita di masyarakat, sekaligus juga menjatuhkan martabat orang tsb.. duh, SYEREEEMM bgt, seeh.. tapi kalo gosip tu tentang orang yg kita rendahin pasti ndengerinnya perhatian bgt?! Jgn2 dia lebih beruntung daripada kita.. AWAS ja..!!!??? nah, loohh…
Kalo gitu bagian mana manfaatnya? Gosip bermanfaat untuk menegakkan standar moral di suatu komunitas. Kalo 2 orang membicarakan seseorang yg melakukan tindakan menyimpang berarti mereka tengah menetapkan hal2 yg pantas dan tidak pantas atau tabu di lingkungan mereka. semacam social agreement gitu lah..
“kita semua harus memahami peraturan yg tak tertulis yg berlaku di lingkungan sosial kita, jgn mpe tergelincir..SAKIT!”
contohnya ja, buat cewek jgn pulang ato jalan2 sendiri malam2, selain berbahaya.. komunitas akan beranggapan jelek atas perilaku tersebut..kalo pacaran jgn di tempat gelap, selain ga keliatan..emang,kan? .. nanti timbul fitnah.. kalo bertamu ke teman beda jenis perhatikan rambu2 tempat si penerima tamu tinggal, misalnya ga boleh mpe larut malam, ato pintunya jangan ditutup, ntar..ntar..ntar ja..kalo dah pulang ditutupnya, gitu..;)
Nah, kabar yg ga nyenengin ttg diri kita, dapat dijadiin bahan introspeksi diri.. gosip dapat jadi bahan ato alat bagi kita untuk membandingkan diri dengan orang lain.
Fungsi gosip bahkan bisa jadi lebih penting lagi, “sebuah cara untuk mengungkapkan kebenaran”. Dengan bergosip kita dapat saling bertukar kebenaran yg kalo ga dibicarakan ga kan pernah terungkap selamanya… gosip memberikan gambaran yg lebih jelas bagaimana kehidupan manusia sesungguhnya?!

0 comments:

Post a Comment